Thursday, September 21, 2006

THE HISTORY OF WESTERN PHILOSOPHY

Pengarang : Bertrand Russel
Penerbit : Folio Society
Jml hal. : 833 halaman
Tahun : 2004 (edisi pertama th. 1946)
Telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia : Sejarah Filsafat Barat

Buku ini berisi sejarah lengkap filsafat Barat sejak zaman Yunani kuno, yang dimulai dengan penjelasan mengenai filsafat Pythagoras pada tahun 532 sebelum Masehi (SM) sampai dengan filsafat John Dewey, yang diakhiri dengan penjelasan mengenai filsafat analisis logika (awal tahun 1900-an).
Uraian dibagi menjadi 3 buku yang terdiri dari 5 bagian, berdasarkan urutan kronologis atau masanya. Buku pertama, yaitu filsafat kuno terbagi atas filsafat sebelum Socrates, masa Socrates sampai Aristotle, dan masa sesudah Aristotle. Buku kedua dibagi dalam 2 bagian yaitu filsafat Katolik dan aliran lainnya sampai dengan abad 13, termasuk diantaranya filsafat Nabi Muhammad dan Thomas Aquinas. Buku ketiga terdiri dari Renaissance sampai dengan Hume, dan Rousseau sampai dengan John Dewey. Seluruhnya terdapat 40 filsuf yang pemikirannya diuraikan tersendiri masing-masing sekitar 10 halaman.
Hal yang menarik dari buku ini, selain penjelasan mengenai masing-masing aliran diuraikan secara kronologis, pada bagian awal setiap masa yang berbeda diuraikan pula kondisi atau latar belakang sejarah pada masa tersebut, sehingga pembaca mendapat gambaran mengenai keadaan yang melatarbelakangi filsafat tersebut. Dengan demikian pembaca tidak saja mendapatkan pengetahuan mengenai pemikiran filsafat, namun juga pengetahuan mengenai sejarah pada masa-masa tersebut, sehingga dapat diperoleh pengertian yang lebih mendalam. Sebagai contoh, sebelum membahas mengenai filsafat Yunani kuno, diuraikan terlebih dulu mengenai kemunculan dan berkembangan kebudayaan Yunani secara singkat, demikian pula sebelum pembahasan mengenai filsafat yang muncul pada era Renaisans, diuraikan terlebih dulu kondisi umum dan sejarah singkat munculnya Renaisans di Italia.
Secara umum buku ini cukup lengkap dan menyenangkan untuk dibaca serta dapat dibaca perlahan-lahan sesuai waktu yang tersedia, karena sistimatikanya sangat bagus, sehingga pembaca dapat memilih mana yang akan dibacanya terlebih dulu tanpa harus berurutan. Namun nyaris semua filsuf dan aliran filsafat telah tercakup disini, sehingga jika anda tidak punya banyak waktu untuk mempelajari filsafat, satu buku ini saja cukup memadai untuk mendapatkan pengetahuan filsafat secara menyeluruh karena sudah mencakup semuanya meskipun masing-masing hanya secara singkat. Namun jika ingin memperdalam atau untuk kepentingan akadmik tentu harus membaca lebih lanjut buku-buku asli dan pembahasan masing-masing filsuf/aliran filsafat.
Penulis buku ini sendiri, Bertrand Russel adalah filsuf sekaligus matematikawan yang cukup berpengaruh. Russel adalah filsuf yang sangat rasional, mengutamakan logika dan kebenaran ilmiah, sebagaimana tulisnya,
"In the welter of conflicting fanaticism, one of the few unifying forces is scientific truthfulness, by which I mean the habit of basing our beliefs upon temperamental bias, as is possible for human beings.."


No comments: