Sunday, September 30, 2007

EVOLUTION FOR EVERYONE



Judul : Evolution for Everyone - How Darwin's Theory Can Change the Way We Think About
Our Lives
Pengarang : David Sloan Wilson
Penerbit : Bantam Dell, NY
Tahun : 2007
Tebal : 376 hal


Buku ini mencoba memperkenalkan teori evolusi kepada masyarakat awam dengan cara yang sederhana dan contoh konkrit, dipadu dengan kisah penulisnya dalam menekuni karir sebagai ilmuwan. Pada intinya penulis ingin mengemukakan bahwa mengenal prinsip teori evolusi adalah wajib jika kita ingin memahami kehidupan kita dengan lebih baik dan mendapatkan penjelasan yang memuaskan dari semua kejadian yang kita alami atau alam sekitar kita. Untuk itu kita harus memahami prinsip dasar dari teori evolusi, yaitu seleksi alam. Seleksi alam berkaitan erat dengan adaptasi.

Uraian penulis dibagi dalam 35 bab pendek yang masing-masing tidak selalu berkaitan, namun sebaiknya dibaca berurut. Penulis antara lain menjelaskan mengenai perbedaan kemampuan adaptasi antara hewan dengan manusia, bagaimana homicide dan infantisida pada masyarakat manusia dapat dipahami jika kita mengerti bahwa hal tersebut juga terjadi pada makhluk lainnya, bahwa hewan juga memiliki kepribadian yang berbeda-beda, seperti manusia, bagaimana satu kelemahan genetik dapat dipahami berdasarkan prinsip seleksi alam, dan seterusnya.

Dalam menjelaskan hal-hal di atas, penulis menggunakan contoh konkrit antara lain bagaimana ia meneliti kumbang untuk menemukan sebab perilaku mereka dengan menggunakan kerangka seleksi alam, bagaimana ia mengajarkan mahasiswanya untuk memahami evolusi, dan bagaimana berpikir secara evolusionis akan membuat seseorang semakin cerdas dan tidak ingin kembali, alias akan membuatnya ingin terus memperdalamnya karena demikian menarik.

Ditulis dengan bahasa yang segar dan tidak banyak menguraikan teori yang terinci, namun tetap menarik bagi yang telah sering membaca buku mengenai evolusi sekalipun, karena gaya penulisan dan sudut pandang yang berbeda.

No comments: